Hal-hal yang sedang nangkring di dalam kepala saya.

Saturday, January 20, 2007

Kisah John Walker Lindh

Ingat John Walker Lindh? Ya, pemuda Amerika yang dulu pernah mengangkat senjata (dan juga granat) bersama Taliban memerangi Northern Alliance di Afghanistan. Setelah bertahan hidup selama 6 hari pemberontakan para prajurit Taliban dan Mujahidin yang menjadi tawanan perang di benteng Qala-i-Jangi, Lindh ditangkap oleh militer Amerika pada Desember 2001.

Sekembalinya di Amerika, Lindh didakwa dengan 10 tuduhan. Lindh mengajukan "tidak bersalah" untuk ke-10 tuduhan tersebut, walau akhirnya dia menerima tawaran dari Justice Department dan menyatakan diri bersalah untuk dua tuduhan: mendaftar dan mengangkat senjata sebagai prajurit Taliban. Akhirnya John Walker Lindh divonis penjara 20 tahun.

Bagaimana kisahnya sekarang? Apa saja yang dilakukannya di dalam penjara? Nah, kemarin saya menemukan sebuah artikel yang sangat panjang dan sangat menarik tentang Lindh di majalah Esquire terbitan Juni 2006. Isinya seputar perjalanan Lindh sejak remaja masuk Islam sampai bagaimana Lindh menghabiskan hari-harinya di dalam penjara.

Pokoknya, baca kisahnya.

No comments: