Hal-hal yang sedang nangkring di dalam kepala saya.

Friday, January 19, 2007

Hari Pembayaran Tagihan Nasional

Berhubung ini sudah tanggal 19 dan besok hari Sabtu kantor-kantor sepakat libur, maka dengan resmi tanggal 19 Januari 2007 ditetapkan sebagai Hari Pembayaran Tagihan Nasional atau disingkat HaPemGihNas.

Daftarnya cukup panjang:
- air
- listrik
- telpon rumah
- telpon StarOne
- internet Telkom Speedy

Untungnya, di jaman serba layanan satu atap + auto debet ini pembayaran tagihan sudah semakin mudah. Berkat layanan satu atap, pembayaran telpon rumah, Speedy dan listrik bisa dilakukan di satu tempat, BNI. Berkat auto debet, jumlah orang yang mengantri di loket-loket pembayaran sudah berkurang. Dan lebih asyik lagi, letak semua loket pembayaran dekat dengan rumah.

Sesuai dengan hasil proses optimalisasi berdasarkan daftar lokasi loket maka urut-urutan upacara peringatan HaPemGihNas adalah sebagai berikut:

0. Menambal ban sepeda motor yang bocor (kok pas sekali ya bocornya). Waktu menunggu: 30 menit.
1. Tagihan StarOne di gerai Indosat. Waktu menunggu: 1 menit.
2. Tagihan listrik, telpon rumah dan internet Telkom Speedy di Bank BNI. Waktu menunggu: 1 menit.
3. Tagihan air di PDAM. Waktu menunggu: 20 menit. Ternyata yang mengantri penuh, semua kursi tunggu terisi. Ini mungkin karena belum banyak yang menggunakan layanan auto debet untuk membayar tagihan air. Mana tanggal 19 lagi. Untungnya antrian menggunakan sistem tiket (menggunakan struk tagihan bulan sebelumnya). Sepertinya inilah cara yang paling pas untuk orang Indonesia yang tidak bisa mengantri.

Pada umumnya tidak ada keluhan. Seluruh upacara peringatan HaPemGihNas ini memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit (plus menambal ban dan mondar-mandir).

No comments: