Hal-hal yang sedang nangkring di dalam kepala saya.

Monday, January 29, 2007

gmail-lite, antarmuka ringan untuk Gmail

Ada satu hal yang paling tidak saya sukai dari antarmuka Gmail. Setiap kali saya membuka inbox, saya diwajibkan men-download sebuah halaman yang ukurannya bisa mencapai ratusan KB, karena Google ngotot menggunakan AJAX. Belum lagi tampilan iklan berbasis konteks di sisi kanan. Jatah bandwidth bulanan Speedy saya berkurang dengan deras setiap kali saya membuka Gmail.

Lantas kenapa dari awal harus memakai Gmail? Alasan utamanya apalagi kalau bukan kapasitas inbox yang mencapai 2 GB yang artinya sudah tidak perlu lagi bersih-bersih inbox. Ditambah lagi dengan antarmukanya yang memang minim gambar dibandingkan dengan Yahoo! Mail.

Mematikan gambar dan JavaScript?

Untuk mengakali antarmuka Yahoo! Mail yang penuh dengan image dan iklan, biasanya saya cukup mematikan gambar dan JavaScript. Jadi ringan dan tetap bisa digunakan untuk membaca dan menulis email. Tapi cara ini rupanya tidak berlaku untuk Gmail, yang tidak akan bisa digunakan tanpa saya menghidupkan fasilitas JavaScript.

gmail-lite, alternatif yang ringan

Software gmail-lite ditulis untuk memenuhi kebutuhan akan antarmuka Gmail yang ringan dengan waktu loading yang cepat. Software ini ditulis menggunakan PHP dan menggunakan libgmailer, sebuah API open source untuk mengakses Gmail. Google sendiri belum mengeluarkan API resmi untuk Gmail. Saat ini versi terbarunya adalah 0.10 beta 6 dengan ukuran script yang sudah di-zip sekitar 106 KB. Masih lebih kecil daripada ukuran halaman inbox Gmail.

gmail-lite login screen

Saya upload gmail-lite ke situs saya dan menjalankan index.php untuk menampilkan layar login. Setelah berhasil login, muncul layar inbox berisi 10 email terbaru dengan ukuran halaman cuma 7,5 KB. Sayapun mencoba untuk menulis email baru. Tampilan compose gmail-lite hanya berukuran 2,02 KB dan sudah berisikan semua input yang diperlukan: from, to, cc, bcc, subject, content dan attachment. Jelas sangat menghemat bandwidth. Saya klik tombol Send, dan email-pun terkirim dengan sukses.

Dowload gmail-lite versi 010 beta 6.

1 comment:

Tetangga Deket Tapi Muter Jauh said...

Lumayan. Tapi bagaimana caranya untuk mengatur maksimal email yang ditampilkan? Kok cuma bisa 10?